Rabu, April 24, 2013

SMS dari Ardi Makassar tentang kisah Abu Bakar



Bismillah : Ustdz,sy tlh baca salah satu sebab turunnya ayat 22 mujadilah..
yg diriwayatkan oleh ibn mundzir yg bersumber dari ibn juraij bhw ketika Abu
  bakar ra memukul bpknya dan Rasulullah saw tlh mengetahuinya maka 
turunlah ayat tsb diatas..apkh benar rwyat ini ustdz ? Dan apkh benar ayat itu
 turun utk membenarkan perilaku Abu Bakar ra  kepada  bapaknya sebagai larangan ber kasih sayang  kepada  mereka yang menentang  Allah dan rasulNya, walaupun itu keluarga dekat kita.
JazakAllahu Khairan

Saya jawab:
Kisah itu tidak valid karena Ibn Juraij tabiin yang tidak akan melihat kisah itu. Dia bukan sahabat yang mungkin tahu masalah itu.
Ayat 22 Mujadalah adalah :
لاَ تَجِدُ قَوْمًا يُؤْمِنُونَ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ يُوَادُّونَ مَنْ حَادَّ اللهَ وَرَسُولَهُ وَلَوْ كَانُوا ءَابَاءَهُمْ أَوْ أَبْنَاءَهُمْ أَوْ إِخْوَانَهُمْ أَوْ عَشِيرَتَهُمْ أُولَئِكَ كَتَبَ فِي قُلُوبِهِمُ الْإِيمَانَ وَأَيَّدَهُمْ بِرُوحٍ مِنْهُ وَيُدْخِلُهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ أُولَئِكَ حِزْبُ اللهِ أَلاَ إِنَّ حِزْبَ اللهِ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Kamu tidak akan mendapati sesuatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, saling berkasih sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan  Rasul -Nya, sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka. Mereka itulah orang-orang yang Allah telah menanamkan keimanan dalam hati mereka dan menguatkan mereka dengan pertolongan yang datang daripada-Nya. Dan dimasukkan-Nya mereka ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun merasa puas terhadap (limpahan rahmat) -Nya. Mereka itulah golongan Allah. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya golongan Allah itulah golongan yang beruntung ( 22 Mujadilah ) .
Mau nanya hubungi kami:
088803080803. 081935056529
Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1
                           Waru Sidoarjo

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan