Senin, April 15, 2013

SMS dari Bantul Jogja



assalamu'alaikum ustd, 
apa yg dmaksud hadis qudsi?sp aja yg mriwyatkn? adakah buku yg mncetaknya?
jazakumullah, Indra Jogja
Saya jawab:
WSS.Hadis Qudsi itu firman Allah yang tidak dicantumkan dalam al Quran tapi dimasukkan ke dalam hadis.
Perawinya sama dengan hadis biasa dan bukunya juga sudah banyak dicetak yang husus tentang hadis Qudsi.
قَسَمْتُ الصَّلَاةَ بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي نِصْفَيْنِ وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ فَإِذَا قَالَ الْعَبْدُ ( الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ) قَالَ اللَّهُ تَعَالَى حَمِدَنِي عَبْدِي وَإِذَا قَالَ ( الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ) قَالَ اللَّهُ تَعَالَى أَثْنَى عَلَيَّ عَبْدِي وَإِذَا قَالَ ( مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ ) قَالَ مَجَّدَنِي عَبْدِي وَقَالَ مَرَّةً فَوَّضَ إِلَيَّ عَبْدِي فَإِذَا قَالَ ( إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ) قَالَ هَذَا بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ فَإِذَا قَالَ ( اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ ) قَالَ هَذَا لِعَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ
Aku (Allah )membagi salat antara  Aku dan hambaKu  dua bagian  dan Aku mengabulkan permintaan hambaKu . Bila  dia membaca  : الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ  ( segala puji bagi Allah  -Tuhan seru sekalian alam ) Aku menjawab : HambaKu memuji Aku . Bila dia membaca  : الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ  ( Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang ) . Aku menjawab : “  HambaKu memuji padaKu “.  Bila dia membaca : مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ   ( Yang menguasai di hari pembalasan ) . Aku menjawab :”HambaKU mengagungkan  Aku “.dalam suatu riwayat : “ Dia menyerahkan urusannya kepadaKu .  Bila dia membaca : إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ   ( KepadaMu ,kami  menyembah , dan kepadaMu kami  minta  pertolongan  ) Aku menjawab : “ Ini antara  Aku dan HambaKu . Dan  boleh minta  apapun . Bila  membaca : اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ  (Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan ni`mat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.  ) Aku menjawab : “ Ini untuk hambaKu dan dia boleh minta apapun . [1]

Blog ke tiga
Peringatan: Bila mesin pencari diblog tidak berfungsi, pergilah ke google lalu tulislah:  mantan kiyai nu    lalu teks yang kamu cari
Mau nanya hubungi kami:
088803080803. 081935056529
Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1
                           Waru Sidoarjo
 





[1] Hr Muslim  395
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan