Rabu, April 24, 2013

Potong rambut bagi wanita haram atau boleh



Asslkm kyai,, alhamdulillah..
Sy mas'ud di tanah bumbu.
Tanya, Bgmn hukum bg wanita yg memotong rambutnya, atau bgmn 
semestinya wanita melakukan terhadap rambutnya? Tetapi dia selalu 
menggunakan kerudung/jilbab jika akn kluar rumah.

Saya jawab:
Tiada larangan untuk memotong rambutnya.
Komentarku ( Mahrus ali): 
Bahkan Aisyah sendiri rambutnya sebahu. Sebagaimana hadis sbb:
تَزَوَّجَنِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا بِنْتُ سِتِّ سِنِينَ فَقَدِمْنَا الْمَدِينَةَ فَنَزَلْنَا فِي بَنِي الْحَارِثِ بْنِ خَزْرَجٍ فَوُعِكْتُ فَتَمَرَّقَ شَعَرِي فَوَفَى جُمَيْمَةً فَأَتَتْنِي أُمِّي أُمُّ رُومَانَ وَإِنِّي لَفِي أُرْجُوحَةٍ وَمَعِي صَوَاحِبُ لِي فَصَرَخَتْ بِي فَأَتَيْتُهَا لَا أَدْرِي مَا تُرِيدُ بِي فَأَخَذَتْ بِيَدِي حَتَّى أَوْقَفَتْنِي عَلَى بَابِ الدَّارِ وَإِنِّي لَأُنْهِجُ حَتَّى سَكَنَ بَعْضُ نَفَسِي ثُمَّ أَخَذَتْ شَيْئًا مِنْ مَاءٍ فَمَسَحَتْ بِهِ وَجْهِي وَرَأْسِي ثُمَّ أَدْخَلَتْنِي الدَّارَ فَإِذَا نِسْوَةٌ مِنَ الْأَنْصَارِ فِي الْبَيْتِ فَقُلْنَ عَلَى الْخَيْرِ وَالْبَرَكَةِ وَعَلَى خَيْرِ طَائِرٍ فَأَسْلَمَتْنِي إِلَيْهِنَّ فَأَصْلَحْنَ مِنْ شَأْنِي فَلَمْ يَرُعْنِي إِلَّا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ضُحًى فَأَسْلَمَتْنِي إِلَيْهِ وَأَنَا يَوْمَئِذٍ بِنْتُ تِسْعِ سِنِينَ *
Nabi SAW kawin dengan ku ketika aku berumur enam tahun .Kami datang ke Medinah ,lalu tinggal di Banul haris bin Khozroj . Aku sakit , hingga  rambutku rontok . Akhirnya tumbuh kembali hingga sebahu .Ibuku Ummu Ruman datang kepadaku sedang aku masih bermain di Bandulan. Aku juga punya teman – teman .Ibuku memanggilaku ,  aku datang kepadanya . Aku tidak mengerti apa yang dikehendakinya . Dia memegang  tanganku ,lalu aku di berhentikan  dimuka;pintu rumah . Aku masih lelah dan nafasku tersendat – sendat. Dia mengambil air, lalu disapukan ke wajahku  dan kepalaku ,lalu aku dimasukkan ke rumah .
 Didalam rumah ada beberapa perempuan  Ansor .Mereka berkata : “Semoga mendapat kebaikan ,keberkahan dan suami terbaik “. Aku diserahkan kepada mereka ,lalu mereka memperbaiki aku .  Aku terkejut ketika Rasulullah SAW datang waktu duha . Aku diserahkan kepadanya . Waktu itu usiaku sembilan tahun[1]
  Kami belum menjumpai hadis larangan memotong rambut bagi wanita ,kami hanya menjumpai hadis larangan  mencukur bagi wanita sebagaimana hadis sbb : Abu Burdah ra berkata :
إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَرِئَ مِنَ الصَّالِقَةِ وَالْحَالِقَةِ وَالشَّاقَّةِ *
Sesungguhnya  Rasulullah SAW cuci tangan terhadap wanita yang  menjerit waktu musibah ,mencukur rambut atau merobek baju [2]
Bahkan  waktu tahallul haji lelaki dianjurkan mencukur dan perempuan cukup memendekkan rambut . Rasulullah SAW bersabda
لَيْسَ عَلَى النِّسَاءِ الْحَلْقُ إِنَّمَا عَلَى النِّسَاءِ التَّقْصِير
Bagi perempuan tidak di wajibkan mencukur ,cukup memendekkan rambutnya [3]
Mau nanya hubungi kami: 088803080803. 081935056529
Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1
                           Waru Sidoarjo



[1] HR Bukhori 3894
[2] Sahih Bukhori
[3] HR Abu Dawud 1985
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan